Sabtu

KBL Daan Mogot Baru

Semua Orang Bisa Nyanyi

Menguasai teknik olah vokal dengan benar membuat Anda mampu menyanyi dengan nada tinggi dan rendah sesulit apapun. Pandai olah vokal juga bisa menambah rasa percaya diri.

Sanggar Seni Nyanyi Karunia Bersama Lucky Daan Mogot Baru (KBL) merupakan wadah yang dibentuk dengan jangkauan luas, mulai dari anak-anak, pemula, dewasa sampai kepada mereka yang menginginkan mendapatkan pengetahuan atau penguasaan teknik menyanyi.

Wadah ini dimulai sejak tahun 2001, diprakarsai oleh seorang seniman musik yang memiliki perhatian terhadap perkembangan dunia musik khususnya dunia tarik suara, yaitu Lucky Daniel Affandi Tampilang.

Berbekal sebuah tekad Om Lucky,biasa disapa oleh anak-anak binaannya itu memulai kiprahnya menggagas sebuah Sanggar Seni Nyanyi dikawasan Jakarta Timur dengan motto “SEMUA ORANG BISA NYANYI”.

Dari sanalah KBL memperkenalkan teknik menyanyi mulai dari tingkat dasar (Basic) melalui latihan Pernafasan dan Diafragma, Ear Training, Vokalisi. Berikutnya kelas ini dikembangkan ke tingkat menengah (Middle) yang dimulai dengan memperkenalkan Getaran Suara (vibra), Dinamika, Pengucapan (artikulasi) dan Lagu Dasar. Memasuki kelas yang lebih tinggi (Advance) tahapan ini adalah proses pendalaman dan penguasaan teknik menyanyi seperti: Penguasaan Teks Lagu (eksplorasi, interpretasi), Bahasa Tubuh (body language), Apresiasi (sejarah, aliran) Musik, dan Teknik Vokal.

Tujuan dari sistem yang digulirkan KBL adalah guna meningkatkan kemampuan setiap orang mengekspresikan diri mereka melalui lagu yang dinyanyikan, agar pesan dari lagu tersebut dapat dipahami oleh penonton atau pendengarnya.

Produk binaan KBL, dijamin mampu menguasai teknik dasar pengolahan vokal dengan benar. Tak butuh waktu lama, karena KBL mempunyai metode cepat dan praktis menjadi penyanyi serba bisa.

Sebagai bukti, beberapa murid KBL selalu menjadi juara di ajang lomba olah vokal tingkat nasional. Mereka adalah Samuel Dharmawan- juara satu AFI Junior, Randy Martin- juara Idola Cilik Seleb Show, Dea Juneta- juara satu Suara Anak Indonesia TVRI 2003, dan banyak lagi.

“Belajar menyanyi tentunya harus didukung dengan kualitas instruktur profesional, dan mereka selalu dibekali training berkala mengikuti perkembangan musik dan vokal dunia,” kata Kristiyani Sinjaya, Owner Sanggar Nyanyi KBL Daan Mogot Baru.

KBL mempunyai banyak keunggulan, di antaranya: orang tua/pendamping diperkenankan masuk mengikuti proses pengajaran. Bukan itu saja, pengajar vokal KBL aktif memantau perkembangan setiap murid KBL dengan melibatkan orang tua mereka. “Bahkan kami selalu adakan evaluasi setiap tiga bulan/12 pertemuan. Pada even-even diluar, kami selalu mengajak murid tampil guna memompa semangat dan mental menyanyi mereka,” katanya.

Selain itu, kurikulum KBL fleksibel (disesuaikan dengan kemampuan dan daya tangkap anak didik). “Setiap anak memiliki kemampuan bernyanyi berbeda. Kami pantau terlebih dahulu untuk mengetahui jenis vokalnya cenderung ke mana. Setelah itu, baru kami asah lebih lanjut agar karakter asli suara mereka keluar secara natural dengan teknik olah vokalnya mumpuni,” tutupnya.