Senin

PT.Excel Trade Indonesia

Pembiayaan kredit untuk transaksi online lewat dunia maya akan menjadi tren di masa mendatang. PT. Excel Trade Indonesia adalah contoh perusahaan pembiayaan kredit yang sukses dalam bisnis penuh resiko ini. Omzetnya lebih dari Rp 1,3 milyar sebulan.

PT Excel Trade Indonesia berdiri sejak tahun 2006 dengan bidang usaha awal adalah general trading dan pembiayaan. Mulai tahun 2009, PT Excel Trade Indonesia merampingkan usahanya dengan hanya fokus pada usaha pembiayaan, baik pembiayaan peralatan telekomunikasi (hand phone, smart phone ), elektronik, home appliance, dan sebagainya dengan suku bunga bersaing.

Dengan memfokuskan diri pada bidang usaha yang berkembang dengan pesat, menjadikan kinerja perusahaan mengalami pertumbuhan yang signifikan dan diperhitungkan menjadi pemain lokal dengan performance menjanjikan. Perusahaan pembiayaan skala kecil ini, mampu memberikan warna dan nilai plus tersendiri pada pasar pembiayaan di Indonesia. Road to Market yang digunakan adalah melalui fasilitas online internet, di mana sekarang sedang booming internet marketing di berbagai bidang.

“Kami di Excel Trade awalnya hanya mengandalkan website dan thread atau lapak di www.kaskus.us dengan tampilan sederhana berupa tawaran kredit kepada siapa saja yang bertransaksi jual beli via online,” ungkap pendiri sekaligus Direktur Utama PT.Excel Trade Indonesia, Rudy Salim.

Dalam waktu cepat, nama PT. Excel Trade Indonesia melejit, terutama di berbagai forum jual beli secara online. Tanpa harus mengeluarkan biaya promosi dan publikasi, perusahaan ini cepat menyebar di banyak forum diskusi di dunia maya maupun dari mulut ke mulut yang pernah merasakan kemudahan layanannya.

Visi kami, menurut Rudy, menjadikan setiap konsumen mampu memiliki peralatan/barang dengan perantara pembiayaan melalui PT Excel Trade Indonesia. Sedang misinya, menjadi partner pembiayaan yang terpercaya untuk semua orang/konsumen Indonesia dengan motto ‘YOUR EXCELLENT TRADE PARTNER’.

“Nasabah tinggal tentukan produk dan toko yang diinginkan, selanjutnya kami akan membantu mereka memberikan cicilan ringan untuk produk yang dibutuhkan di toko yang telah dipilih,” tegasnya.

Ia pun menambahkan, proses permohonan kredit dari nasabah untuk mendapatkan pengucuran kredit sama seperti yang dilakukan perusahaan pembiayaan kredit umumnya. Sebelumnya, isi form aplikasi dan masukan data untuk mendapatkan simulasi cicilan.
Setelah pembiayaan kredit untuk nasabah kami setujui, lalu kami menyurvei rumah dan kantor nasabah secara bersamaan dan prosesnya cepat selesai dalam tempo 24 jam.
Kini PT.Excel Trade Indonesia juga mengembangkan usahanya dengan mulai membiayai permintaan kredit dari para debitor di bawah usia 17 tahun dengan jaminan orang tuanya.

Dari sekian banyak pembiayaan yang belum atau telah dilakukan adalah untuk membeli alat telekomunikasi. Maklum saja, saat ini, smartphone atau gadget lainnya sedang marak, apalagi masyarakat di Indonesia sangat antusias untuk memiliki produk-produk tersebut.

“Menariknya, sekitar 85 persen permintaan pembiayaan kredit yang diajukan kepada dirinya, belakangan ini, adalah untuk pembelian BlackBerry dan handphone," ungkap Rudy.

Ekspansi

Melihat prospek usaha yang cukup menjanjikan, investasi pada brand PT.Excel Trade Indonesia juga terus dilakukan. Dimulai dengan pembangunan awareness hingga ke penciptaan brand loyalty kepada konsumen. Sehingga dalam periode 3 tahun ke depan, PT. Excel Trade Indonesia mampu menjadi brand kebanggaan konsumen di dalam pemuasan kebutuhan financial mereka.

Menurut Rudy, Excel Trade mengharapkan momentum pertumbuhan positif akan terus terjadi pada lima tahun mendatang, investasi dari investor akan mengalir dengan deras, brand building berjalan sesuai dengan karakter dan komitmen perusahaan, unit pembiayaan akan melebar ke bidang mikro lainnya, serta mampu berekspansi ke area lain di kota - kota besar di seluruh Indonesia.

Ekspansi usaha dilakukan karena begitu banyaknya permintaan nasabah dari luar kota. Sehingga membuat pengelola PT. Excel Trade Indonesia kembali memutar otak untuk meraup peluang tersebut. Tidak membutuhkan waktu lama untuk ekspansi usaha. Selain memiliki 1 kantor pusat di Ruko Metrobroadway PIK Jakarta, sekarang ini, PT. Excel Trade sudah membuka 7 cabangnya di luar Jabotabek. Di antaranya berlokasi di Bandung, Lampung, Semarang, Surabaya, Makasar, Bali dan Yogyakarta.