Kamis

Dapoer Bu Wid

Pilih Soto Banjar atau Sop Ikan Patin

Indonesia memiliki ragam masakan daerah dan masing-masing memiliki kekhasan rasa dan penyajian berbeda.

Peluang tersebut ditangkap oleh para pengusaha kuliner dengan mendirikan rumah makan dengan menyajikan masakan daerah. Satu di antaranya, Dapoer BuWid yang berlokasi di bilangan Rukan Cordoba PIK.

“Dapor BuWid yang masih baru ini menyajikan masakan daerah dengan penyajian ala masakan rumahan,” kata Opr Manager Dapoer BuWid, Nasrulloh.

Pria ramah ini menambahkan, Dapoer BuWid memang ahlinya masakan daerah. Banyak artis ibukota bertandang ke sini dan mengacungkan jempol untuk masakan daerah olahan Dapoer BuWid. Mereka di antaranya, Dwi Yan, Ricky jo, String, dan masih banyak lagi artis lainnya.

Semua masakan daerah olahan Dapoer Bu Wid memakai bahan-bahan yang segar dan tanpa bahan pengawet. Ada sekitar 40 item masakan daerah yang tersedia di sini, di antara favorit pengunjung: Soto Banjar, Sop Ikan Patin, Ayam Bakar Genit, Burung Dara Hongkong, dan masih banyak lagi.

Selain unggul karena rasa masakan, suasana di sini didesain “fell at home”. Bosan dengan suasana dalam ruangan, pengunjung juga bisa beranjak ke lokasi luar ruang yang terletak di depan pintu masuk. Rasanya, menikmati makan malam bersama teman, kekasih, atau keluarga di area luar Dapoer BuWid, menjadikan suasana makan malam terkesan romantis.

Kuah Tanpa Santan
Sebut saja salah satu item masakan daerah Dapoer BuWid yang menjadi favorit pengunjung, yaitu Soto Banjar. Warna kuah Soto Banjar bening karena tidak menggunakan santan, namun tidak kehilangan rasa gurihnya. Dalam satu porsi Soto Banjar, berisi suir daging ayam kampung, perkedel, telor, bawang goreng, seledri, dan soun.

Nasrulloh boleh berbangga karena Soto Banjar Dapoer BuWid banyak disukai banyak pengunjung, khususnya anak-anak. “Biasanya, mereka datang bersama orangtua setiap akhir pekan. Sebagai informasi, soto banjar sendiri adalah best seller buat makanan berkuah kami. Soto Banjar terasa nikmat apabila kuahnya dicampur perasan air jeruk nipis. Alhasil, kuah soto berasa lebih segar dengan sedikit rasa asam jeruk nipis,” ujar Nasrulloh.

Selain itu, menu lain yang banyak dipesan adalah Sop Ikan Patin,menu ini kreasi buWid sendiri. Jenis ikan yang dipakai bukan Patin warna hitam, tapi yang putih. “Kami pakai ikan patin warna putih. Itu karena rasa dagingnya lebih lembut, gurih dan kenyal di banding patin warna hitam. Agar aromanya lebih segar , kami campurkan daun Kemangi,” ungkapnya.

Burung Dara Hongkong
Dapoer BuWid juga menyediakan masakan oriental seperti Burung Dara Hongkong. Kalau biasanya daging burung dara alot, berbeda dengan yang tersaji di sini. Dagingnya benar-benar empuk. Wajar saja apabila dalam setengah hari, bisa terjual 50 porsi Burung Dara Hongkong.

Cara pengolahan burung dara hanya digoreng biasa. Biarkan sampai benar-benar empuk dan garing. “Kami memastikan, dalam 15 menit, Burung Dara Hongkong siap disantap. Dalam satu porsi Burung Dara Hongkong, terdapat 4 bagian yang sudah terpotong-potong,” kata Nasrulloh.

Bagi penyuka Burung Dara Hongkong, biasanya mereka “mencubit” dagingnya pakai tangan, lalu dicampur dengan garam berbumbu. Rasa bumbunya sendiri gurih . Pilihan lain selain bumbu Hongkong adalah sambal dan jeruk nipis.

Masakan favorit lainnya, bisa dipilih Ayam Bakar Genit. Rasanya manis-pedas dan tersaji secara tradisional. Satu porsi Ayam Bakar Genit ada timun, seleda, tomat dan kol. Ada juga Nasi Pecel yang dihidangkan dengan, sayuran,ayam goreng, tahu bumbu bali, dan rempeyek. Sayuran pada pecel selalu baru dan segar.Serta Asem-asem Iga dengan rasa nano-nano sedikit pedas yang akan menambah selera makan kita.

Sebagai pelepas dahaga, pilihannya bisa es campur ala dapoer buwid,es kacang hijau,dan es merah delima. Serta Slusy Ice perpaduan minuman juice yang dicampur dengan buble didalamnya membuat sensasi rasa yang unik,dengan berbagai macam rasa seperti bluberry,mango,lychee,strawberry,bubble gum,slusy ice di sajikan.

Bicara range harga masakan di Dapoer BuWid dari Rp 15.000 – 35.000. Sedangkan minuman dari Rp 3000 – 12.000. Dapoer BuWid beroperasi setiap hari dari pukul 10.00 - 22.00.