Senin

Tropical Harmonic Bonsai,Spesialisasi Bonsai

Tanaman bonsai selain memiliki keunikan dan seni tersendiri, tanaman ini juga memiliki nilai ekonomis yang mencengangkan. Keindahan tanaman ini tak lepas dari media tanamnya serta syarat dasar tanamannya yang berupa batang keras, akar tanaman panjang dan kuat, serta karakteristiknya
Dengan memanfaatkan air limbah rumah tangga dan lahan terbuka di Jl. Taman Pluit Putri, Yohanes, selaku pemilik Harmonic Tropical Bonsai, mulai serius menekuni hobinya budidaya tanaman bonsai ini sejak tahun 1992.
Tujuan didirikannya tempat ini adalah guna menciptakan suasana lingkungan yang asri di daerah Pluit. Tak jarang Yohanes membagi pengalaman, khususnya mengenai bagaimana cara membudidayakan tanaman bonsai yang baik pada sesama pencinta tanaman ini.
Tanaman bonsai yang dijual merupakan tanaman berkualitas sesuai standar internasional. Seperti, beringin lokal dan impor atau cemara udang.
Hampir 70% tanaman di sini merupakan jenis bonsai dan didominasi beringin impor karena proses pembentukannya relatif mudah.
Selain tanaman bonsai, Harmonic Tropical Bonsai juga menyediakan tanaman hias seperti adenium, anthorium, dan aglonema. Khusus jenis bonsai, di tempat ini hanya menyediakan tanaman bonsai untuk para pecinta bonsai atau orang yang telah mengerti bonsai. Bukan untuk pemula.
Harga yang ditawarkan bervariasi sesuai tingkat keunikan dan umur tanaman. Biasanya, bonsai berjenis beringin, harganya bisa mencapai kisaran puluhan hingga ratusan juta rupiah. Sedangkan jenis tanaman hias lain, harganya berkisar puluhan hingga ratusan ribu rupiah.
Prospek bisnis usaha tanaman hias saat ini sepertinya lebih mengarah pada usaha pembudidayaan tanaman hias. Itu karena tanaman hias memiliki pangsa pasar yang dapat bersinggungan ke semua sekmen, mulai dari ibu-ibu rumah tangga, anak remaja, hingga pengembang properti. Sedangkan bonsai, tergolong memiliki pangsa pasar tersendiri karena identik sebagai tanaman mahal dan merupakan tanaman hobi.