Senin

Kios Bunga Aminah,Dimulai dari Usaha Keliling

Kios Bunga Aminah dimulai dari usaha tanaman keliling. Baru sekitar tahun 2003, pemiliknya, Kodir, memilih usaha menetap di daerah Ring Road Cengkareng. Kios bunga ini menjual berbagai jenis tanaman hias seperti carmen, marbel, cucak rowo, pride of sumatra, dan lainnya
Selain dinilai letaknya yang strategis, lokasi berdagang di kawasan tersebut memudahkan pembeli untuk bertransaksi karena berada di tepi jalan. Masalah perijinannya pun tidak sulit karena berada di atas lahan milik pemerintah yang secara tidak langsung ikut membantu mengatasi polusi udara.
Kios bunga ini tidak hanya melayani berbagai pesanan tanaman hias, produk lain yang ditawarkan juga beragam seperti, pupuk dan pot berbagai ukuran dan bentuk. “Kami juga melayani pemesanan tanah merah, batu alam, dan panggilan memotong rumput,” kata Kodir yang sudah menekuni usaha tanaman sejak tahun 1993.
Usaha tanaman hias dipilih Kodir karena dinilai tidak sulit, terutama dalam proses pengerjaannya. Modal awal usaha yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Kisaran harga yang ditawarkan untuk satu jenis pohon antara Rp 35.000 - Rp 750.000, tergantung dari keunikan pohon tersebut. Tanaman andalan Kios Bunga Aminah adalah pride of Sumatra yang di jual berdasarkan jumlah daun.
Tanaman yang dijual bukan hanya produk lokal seperti dari daerah Jawa barat dan sekitarnya, tapi juga dari luar negeri. Namun, buat tanaman luar negeri, hanya terdapat beberapa jenis. Selain masalah harga jualnya yang kembali mahal, perawatan tanaman tersebut juga sulit dan membutuhkan perlakuan khusus.
Saat ini bisnis tanaman hias dapat di jumpai di mana-mana, terlebih di daerah pinggiran kota. Guna mengatasi masalah persaingan bisnis tersebut, kios bunga ini selalu melakukan upaya pergantian produk yang tentunya sesuai dengan permintaan pasar.