Senin

RM Sinar Binjai,Masakan Khas Rasa Sumatera

Indonesia memiliki kekayaan alam dan kebudayaan yang beraneka ragam, termasuk dunia kulinernya. Binjai, Sumatra Utara, adalah salah satu daerah yang memiliki menu tradisional menarik. Di Jakarta sendiri, masih jarang sekali rumah makan yang khusus menyediakan menu masakan dari daerah tersebut.

Tapi, di komunitas kita, ternyata ada tempat makan Binjai dengan nama Sinar Binjai yang berlokasi di Taman Palem Lestari, Cengkareng. Tempat makan ini menawarkan beberapa menu masakan khas ala Binjai yang di antaranya nasi goreng ala sinar binjai, ifu mie, ayam goreng, dan sebagainya.
Kesan yang di dapat ketika datang ke tempat ini adalah keramahan dari para pelayan, kebersihan tempat, dan keunikan tersendiri karena pengunjung dapat menyaksikan langsung proses pembuatan makanan yang dipesannya. Itu karena konsep tempat makan Sinar Binjai sengaja meletakkan dapurnya di bagian depan.

Nasi Goreng Special ala Binjai
Nasi Goreng Special ala Binjai merupakan salah satu menu spesial di restoran yang dibuka 12 April 2008 ini. Hal yang membuatnya istimewa adalah bumbu dan bahan masakan yang digunakan. Seperti beras yang pastinya memiliki kualitas bagus, racikan bumbu-bumbu yang terdiri dari bawang merah dan bawang putih, cabe giling halus yang dicampur terasi-kecap asin-kecap manis, telor bebek, dan campuran udang, kerang, seafood, serta hepia yang merupakan campuran daging babi giling, udang, serta tepung sagu. Bila kita tidak suka hepia, kita bisa juga tidak menggunakannya tanpa mengurangi kelezatan rasa.
Berbeda dengan nasi goreng biasanya, Nasi Goreng Special ala Binjai begitu kering dan tidak terlalu berminyak. Bumbu-bumbunya meresap sangat kental dan perpaduannya sangat pas sekali. Aroma bumbu terasi yang digunakan begitu terasa sehingga memberikan kesan tersendiri.
Pilihan menu nasi goreng ini bisa dipilih sesuai seleran. Ada nasi goreng nenas, nasi goreng seafood, nasi goreng sate, nasi goreng bakso bakar, nasi goreng sosis bakar, nasi goreng udang tempura, dan nasi goreng ayam wijen.
Harga satu porsi nasi goreng special ala binjainya Rp 20.000 dan Rp 15.000 untuk nasi goreng lainnya.
Menu khas lain ala Binjai yang bisa dicoba adalah Ifu Mie Binjai yang sangat segar di lidah. Bahan bakunya terdiri dari mie berkualitas dan dibuat dari bahan-bahan pilihan.
Sedangkan sausnya dibuat dari saus tomat segar dengan campuran sedikit arak merah, gula, dan garam. Resep inilah yang memberikan rasa segar di lidah dan membuat Ifu Mie Binjai berbeda dengan yang ada di tempat lain. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi Rp 17.000.

Ayam Goreng Binjai
Kemudian, di samping kedua menu tersebut, kita juga bisa mencicipi menu spesial lain Sinar Binjai yang diberi nama Ayam Goreng Binjai. Menu ayam goreng ini dapat disajikan secara utuh (satu ekor ayam) atau setengahnya saja.
Ayam Goreng Binjai memiliki perpaduan bumbu yang sangat pas. Di antaranya terdiri dari arak putih, ngohhyong, kecap asin, bumbu penyedap, dan 5 racikan bumbu khusus yang di olah sendiri.
Cara pembuatannya, sebelum digoreng, daging ayam akan dibumbui dan diendapkan selama 1 malam. Setelah itu, baru daging ayam digoreng dan disajikan. Harga yang ditawarkan untuk 1 porsi ayam utuh Rp.35.000, sedangkan ½ porsinya Rp 20.000.
Selain menu Ayam Goreng Binjai, di sini juga di sajikan menu Ayam Goreng Wijen, Ayam Goreng Mentega, Ayam Muayiu atau Jahe Wijen, Ayam Kuluyuk, Ayam Cah Jamur, serta Ayam Lemon.
Tersedia pula menu-menu lain yang tak kalah spesialnya berupa menu olahan berbahan ikan yang di antaranya Ikan Gurame Bumbu Rujak, Ikan Pari Bumbu Medan, dan aneka masakan berbahan sayuran seperti Cap Cay Special, Chun Kien/Ngo Hiong, dan Genjer Teri Medan.