Sabtu

Flora 45,Hobi yang Menghasilkan

Menekuni hobi sering dinilai sebagai kegiatan membuang waktu karena hanya bersifat pengisi waktu luang. Tapi, asumsi tersebut tidak berlaku bagi Bosco Kesuma Setiady MBA. Dengan alasan hobinya, dia berani meninggalkan jabatan akuntan dan beralih profesi menekuni bisnis tanaman. Apalagi Bosco didukung oleh PT Mandara dan Perum Perhutani dalam mendirikan usaha yang diberi nama Flora 45.

Angka 45 di nama usahanya yang terletak di daerang Pantai Indah Kapuk ini memiliki arti tersendiri bagi Bosco. “Selain dianggap pembawa keberuntungan, angka 45 juga dinilai sebagai angka yang jika dijumlahkan memiliki nilai sempurna,” kata Bosco.
Letaknya yang dekat dengan sumber air, membuat Flora 45 dapat dengan mudah merawat dan mengembangkan spesies tanaman baru. Selain itu, karena berlokasi di daerah pemukiman dan dikatakan satu-satunya usaha tanaman di Pantai Indah Kapuk, Flora 45 pun kerap dijadikan tujuan utama masyarakat sekitar yang membutuhkan tanaman.
Tidak sembarang tanaman dijual di sini. Hanya tanaman yang memiliki nilai ekslusif dan tanaman yang memiliki bunga seperti, melati, kembang soka, dan sebagainya. Tanaman-tanaman tersebut didatangkan dari luar negeri seperti, Bangkok atau dari dataran Eropa seperti, Belanda.
Di samping tanaman hias biasa, Flora 45 juga mengembangkan tanaman hias yang dapat hidup di permukaan kering (Aqua Scape). Tanaman unik ini dikembangbiakan di dalam akuarium dengan media pasir yang diberi air.
Lainnya, Flora 45 yang telah berdiri 8 tahun silam ini juga menjual berbagai produk tanaman, alat-alat penunjang perkebunan seperti, berbagai jenis pupuk, batuan alam, pot tanaman, media tanam, ceret air, dan vitamin tanaman.
Kisaran harga yang di tawarkan bervariasi, mulai Rp 3000 – Rp 50.000 (tanaman di pot kecil) dan Rp 50.000 – Rp 500.000 (tanaman pot ukuran sedang).
Dalam satu bulan, omzet yang dihasilkan Flora 45 bisa mencapai puluhan juta rupiah. Para pembeli yang datang tidak hanya berasal dari Jakarta, tapi ada pula yang datang dari luar daerah, bahkan mancanegara.