Senin

International Taekwon-Do Federation

Seni Beladiri Asli Korea
Taekwon-Do bukanlah seni beladiri Korea kuno, tetapi memang diciptakan dan dikreasikan berdasarkan seni beladiri Korea kuno, yaitu Taekyon dan Subak. Taekwon-Do diciptakan, dikreasikan, dan disusun secara ilmiah oleh Jendral besar Korea yang bernama Choi Hong Hi.

Tanggal lahirnya Taekwon-Do ditetapkan juga sebagai olahraga beladiri nasional Korea yaitu tanggal 11 April 1955 yang juga diprakasai ole Jendral Choi Hong Hi. Sepuluh tahun setelah itu, tepatnya pada tahun 1966, lahirlah organisasi Taekwon-Do pertama di Korea yaitu ITF (Internasional Taekwon-Do Federation) yang juga diprakarsai oleh Jendral Choi Hong Hi dan diresmikan oleh Presiden Korea pertama.

Untuk mulai mempelajari ilmu ini, Anda bisa mendatangi Teddy Chen yang merupakan instruktur Taekwon-Do untuk Jakarta Utara, ia biasa membuka kelas beladiri di ruang serba guna BTB School pada hari Rabu pukul 16.00 - 19.30 dan Sabtu pukul 15.30 - 17.00.

Biasanya mereka akan memberikan free trial class untuk memperlihatkan cara bagaimana mengajarkan/menjelaskan kepada anak tentang ilmu beladiri. Sehingga anak-anak bisa merasakan aura dari proses pembelajaran Taekwon-Do.

Selain pembelajaran teknik-teknik Taekwon-Do seperti, bagaimana cara memukul, menendang dengan baik dan benar. Siswa juga belajar mengenai etika, falsafah, cara berpikir yang benar (mind mapping), memperoleh kesehatan, kekuatan, dan juga ketangkasan.

Tujuan dari pembelajaran Taekwon-Do ITF secara keseluruhan adalah untuk kesehatan, keselamatan diri, maupun menumbuhkan integritas, ketekunan, ketabahan, serta dapat mengendalikan emosi seseorang dan juga menciptakan manusia beretika dan pantang menyerah.