Senin

Pendidikan Moral Itu Penting

Pendidikan moral harus diajarkan sejak dini. Posisinya begitu dibutuhkan untuk masa depan, baik dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Pendidikan moral membutuhkan pengetahuan khusus dan kesabaran ekstra pendidiknya. Apalagi mengingat jaman tak lagi satu arah ditambah kepribadian anak yang bermacam-macam. Ada yang manja, egois, pemarah, pemalu, dan lain sebagainya.

Sebuah pusat pendidikan anak usia dini yang berlokasi di Citra Ext 2, Cengkareng, Sunsmile Kids meyakini pentingnya pendidikan moralitas pada anak. Karena itulah mereka menetapkan pendidikan moral sebagai pelajaran wajib dengan beragam gaya dan teknik, disamping mengajarkan juga tentang bahasa Inggris, kognitif, socio-emotional, physical & creativity.

Sadar akan hal itu, maka perlu kiranya mengajarkan moralitas kepada anak pada usia dini. Mengingat mereka masih bisa di-setting sesuai keinginan dan cepat mengakses apa yang kita ajarkan.

Seperti yang dilakukan SunSmile Kids, pusat pendidikan asal Singapura dan Malaysia yang tak hanya fokus pada pendidikan ilmu pengetahuan, tapi juga pendidikan moralitas seperti kemandirian, kesopanan, kesosialan, tanggungjawab, kepedulian, kasih sayang, kesabaran, dan tata tertib.

Agar mudah dimengerti, mereka melakukannya dengan beragam cara. Menumbuhkan tanggung jawab misalnya, mereka membuatkan jadwal tiap-tiap anak setiap hari. Mulai jadwal membersihkan kelas, menyiapkan makanan dan sebagainya. Sedang menumbuhkan kemandirian, mereka kerap kali menyuruh anak-anak toddler memakai kaos kaki sendiri, makan dan minum sendiri, dan lain-lain.

Melalui konsep inilah, mereka yakin bisa membentuk anak-anak menjadi manusia bermoral dan beretika meski lahir dengan karakter apa adanya.

Agar tujuan pendidikannya tercapai dengan baik SunSmile Kids selalu mengikutsertakan orangtua dalam pengajarannya.

Orang tua dituntut menerapkan semua pelajaran ke dalam kehidupan anak di rumah. Karena bagaimana pun peran serta orang tua sangat diperlukan dalam pembentukan moralitas anak. Jika hanya mengandalkan sekolah, jelas tidak akan berjalan optimal, mengingat anak lebih banyak menghabiskan waktu di rumah ketimbang di sekolah.

Jika pembentukan moralitas berjalan sesuai aturan, maka akan berefek pada kualitas moral anak. Sehingga anak akan tumbuh menjadi manusia utuh dan sempurna karena berbalut ilmu pengetahuan dan kepribadian baik.

Dengan demikian mereka akan mudah diterima dalam berbagai aspek kehidupan. Karena hanya orang yang memiki ilmu pengetahuan dan bermoral yang berperan aktif dalam hidup ini.