Rabu

Anthony Unin

Kembalinya Sang Maestro
Perjalanan kariernya dimulai dari sebuah karya kanvas. Darah seni sang ayah mengalir begitu kental di tubuh Anthony Unin. Tak ayal karya-karya seni begitu mudah diperolehnya hingga membentuk lukisan layak jual dan membawanya menjadi seorang fashion designer terkenal.

Bosan berputar dengan tinta dan kanvas, pada tahun 80-an Anthony memutuskan alih profesi menjadi hair stylish. Profesi ini ia pelajari secara otodidak.


Berkat ketekunan dan darah seni yang dimiliki, lagi-lagi ia berhasil menggeluti dunia ini. Kesuksesan yang diraih tak hanya berupa materi namun juga penghargaan sebagai peraih juara umum se-Indonesia dan Asia dalam kategori gunting rambut.

Keberhasilan yang ia raih, tak membuatnya besar hati dan berhenti berkarya. Hal ini ia buktikan dengan terus berkarya.

Sebelumnya, ayah dua orang putra ini pernah pula menggeluti dunia kecantikan make up yang juga dipelajarinya secara otodidak. Hasilnya benar-benar memuaskan, tahun 1985 Anthony keluar menjadi juara umum lomba make up sedunia yang diadakan di Finlandia.

Kemudian setelah lama vakum dalam dunia tata rias wajah, anak ke empat dari enam bersaudara ini memberanikan diri terjun ke dunia fashion designer. Modalnya hanya mengandalkan tekad dan bakat seni yang ia miliki sedari kecil.

Tepat tahun 1990, awal kariernya di dunia fashion designer dimulai dengan fokus pada gaun wanita. Keahliannya melukis dan tekad yang kuat, kembali membawanya ke dalam kesuksesan.

Penghargaan demi penghargaan mampu ia persembahkan untuk dirinya dan keluarga, seperti terpilih sebagai Indonesia Top Bridal Designer dan Asean Exclusive Hair Dresses & Beautician Award pada tahun 1992 serta belasan penghargaan lainnya.

Kesuksesan yang diraih lahir dari karya yang tak hanya indah, namun memiliki nilai seni tinggi, berbeda, dan tentunya sesuai keinginan kostumer. Karena itulah banyak kostumer yang percaya membuat gaun atau tata rias wajah dan rambut kepadanya.

Dan karena kepercayaan itulah, Anthony Unin memiliki motivasi untuk terus membuat rancangan indah di atas kain. Sampai-sampai, karyanya digunakan banyak orang dari kalangan selebritis, pejabat, dan masyarakat umum.

Ciri khas rancangan Anthony Unin terletak pada penataan mutiara, payet, dan kristal yang disusun sedemikian rapih dan teliti.

Sejauh ini proses pendesainan ia lakukan sendiri, mulai dari pengukuran, pengepasan, finishing dan lain sebagainya. Begitu pun dengan make up dan tata rias rambut.
Di samping itu, karena keahliannya, Anthony sering kali diundang menjadi pembicara dalam seminar tata rias pengantin di dalam maupun luar negeri.