Sabtu

Taman Kenangan Lestari

Pemakaman Mewah Harga 1 Milyar

Plato (427SM - 347SM) mengatakan: Tidak ada sesuatu yang lebih pasti di dunia ini daripada kematian dan tidak ada yang lebih tidak pasti di dunia ini daripada waktu kematian.

Survey menunjukkan hampir semua pasangan suami istri tidak pernah mendiskusikan masalah kematian dalam level yang personal. Survey yang sama menunjukkan sangat sering terjadi penyesalan terhadap keputusan-keputusan yang diambil dimasa berduka cita. Fakta yang sungguh mengejutkan.

Selain karena ketakutan berlebihan, sebagian orang tidak melakukan persiapan dini karena menduga hanya akan menghabiskan uang, dan orang tidak bersedia menggunakan uangnya untuk sesuatu yang tidak berhubungan kehidupan.

Sering kita mendengar ungkapan sinis "Dibakar saja, biar tidak merepotkan orang" atau yang lebih ekstrim "Dibuang kesemak-semak juga tidak apa-apa, sudah mati ini." Apakah itu ungkapan jujur dari lubuk hati, atau justru ungkapan kekhawatiran yang tersembunyi.

Orang mempersiapkan perayaan ulang tahunnya sendiri atau ulang tahun orang yang dicintainya, atau bersama merencanakan bagaimana menghabiskan liburan hampir setiap tahun. Tapi tidak memiliki persiapan menghadapi perjalanan terakhir yang paling penting dalam kehidupan. Bagaimana mungkin tidak terbersit kekhawatiran? Hanya saja mungkin terlalu personal untuk diungkapkan. Renungkan lebih mendalam, diskusikan dengan orang-orang tersayang.

Bisnis orang mati kini menjadi alternatif bagi pemilik modal yang mengerti dan ingin memanjakan keluarga terkasih. Kalau biasanya pemakaman hanya berharga ratusan ribu, tetapi kini ada yang mencapai Rp 1 milyar.

Tengok saja pemakaman Taman Kenangan Lestari di bilangan Karawang Barat yang menyediakan 32 hektar lebih areal pemakaman. Letaknya di kawasan perbukitan dan dibangun mirip kawasan real estate, malahan seperti objek wisata.

“Oleh karena itu, jika Anda berminat melakukan persiapan dini tempat peristirahatan terakhir Anda maka pilihannya adalah Taman Kenangan Lestari,” kata District Service Director PT.Alam Hijau Lestari, Michael Winata.

Taman Kenangan Lestari—pemakaman mewah berlokasi di Karawang ini mulai dipasarkan Agustus 2003. Selain menyediakan lahan dengan penataan yang asri, lokasi pekuburan ini juga mempunyai berbagai macam pilihan kavling dengan Feng Shui yang ideal.
Antara lain makam tunggal, ganda, keluarga, VIP dan Royal Zone berikut upacara perkabungan yang sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan masing-masing seperti Tao, Budha, Kristen Protestan atau Katholik.

Khusus untuk jenis makam tunggal dan ganda dapat diperoleh dengan harga yang relatif terjangkau. Desain batu nisan dapat dipilih sesuai dengan keinginan, namun semuanya sudah diselaraskan dengan konsep yang moderen.

Pada zona Kristiani nuansa Kristiani nya bergitu terasa dengan terciptanya suasana hening dan damai. Hal ini tidak lepas dari pengaruh serta dukungan desainer Taman Kenangan Lestari yang profesional.

Indah dan asri
Taman Kenangan Lestari berlokasi di daerah yang suasananya begitu indah, asri dan alami. Bagi pejalan kaki, disediakan pula sarana jalan setapak menuju makam yang dibuat dari batu berkualitas. Jalan setapak ini akan menghubungkan seluruh wilayah atau lokasi di taman makam ini.

Dalam area Taman Kenangan Lestari terdapat air terjun beserta kolam dengan aliran air yang indah, dimana dapat menciptakan suasana nyaman dan damai.
Pun desain landscape di setiap sudut lokasi makam berbeda, disesuaikan dengan Feng-Shui yang ideal. Sementara itu lokasinya strategis, hanya 2 Km dari pintu tol Karawang Barat, 45 menit dari Jakarta.

Menurut Michaelwinata, Anda semestinya membeli properti pemakaman langsung dari pihak pengelola pemakaman. Jika tidak, Anda akan membayar lebih dari yang seharusnya.
“Kami memahami benar tradisi kuat dan nilai-nilai masyarakat Chinese dalam pemakaman, baik dari agama Khong Hu Cu, Budha, Katolik maupun Protestan. Pun kepemilikan dan biaya pemeliharaan sekali bayar untuk selamanya, termasuk di dalamnya biaya keamanan, kebersihan dan rawat tanaman, sehingga tidak merepotkan anak cucu untuk melakukan pembayaran rutin di kemudian hari,” promonya.

Taman Kenangan Lestari, di bawah Manajemen NV Multi Corporation Berhad yang telah berpengalaman 20 tahun dan kini mengelola Taman Pemakaman di Semenyih (terluas di dunia 600 hektar), Johor Bahru, Kulai, Segamat, Kuching, Kota Kinibalu, Sibu, Jakarta, Singapore, Shah Alam, Cambodia. Member ICCFA (International Cemetary Cremation and Funeral Association), dan telah meraih ISO 9001:2008.
“Sekarang ini kami juga menyediakan tempat penitipan guci abu untuk Buddist yang terbaik di Indonesia,” ujar Michael.

Mengapa persiapan dini diperlukan saat ini?
Beberapa alasan mengapa persiapan dini tempat peristirahatan terakhir diperlukan saat ini, yaitu untuk melindungi orang yang dicintai, pasangan suami istri atau keluarga dapat mengambil keputusan bersama-sama untuk tetap bersama tidak terpisah-pisah, memutuskan dengan lebih rasional karena masih memiliki pilihan dan waktu, penghematan dari inflasi dan harga 2 kali lipat setiap 5-7 tahun.

Di dalam kehidupan begitu banyak hal telah kita putuskan mulai dari karir, bisnis, keluarga, rumah tinggal dll. Sehingga alangkah baik kalau tempat terakhir kita beristirahat juga kita yang tentukan.