Sabtu

CV. Anugerah Karya Mandiri

Spesialis Ekterior dan Interior Ambulance

Eksterior dan interior mobil ambulance juga bisa didesain berbeda dengan mobil ambulance umumnya yang sering kita lihat di jalan. Namun, tetap harus memiliki fungsi sebenarnya sebagai kendaraan darurat untuk mengobati pasien sebelum tiba di rumah sakit.

Ambulance adalah kendaraan yang dirancang khusus untuk mengangkut orang sakit atau terluka untuk mendapatkan fasilitas medis. Kebanyakan ambulance adalah kendaraan bermotor, meskipun helikopter, pesawat terbang, dan perahu juga digunakan.

Dilihat dari kegunaannya, ambulance digunakan untuk pertolongan gawat darurat pra rumah sakit, pengangkutan penderita gawat darurat yang sudah stabil dari lokasi kejadian ke tempat tindakan definitive/ rumah sakit dan sebagai kendaraan transportasi rujukan.

Penuturan Owner CV. Anugerah Karya Mandiri, Yakobus, ambulance harus memiliki persyaratan teknis, yaitu kendaraan roda empat atau lebih dengan peredam getaran dan memiliki sirene.

Begitu juga dengan peralatan medis lain seperti Roll in Cot Stretcher, Scoop stretcher, Emergency stretcher, Emergency Complete, Head Imobilizer, Long Spinal Board, Neck Collar, Air Splint Kit, Fracture Kit, Extrication Divice, Wall Aneroid Tensimeter, CPR Board, Manual Resuscitator, CPR Mask poket masker, LSP Portable Resuscitator, BLS (basic life support), Emergency Kit, Transport Ventilator, Suction Pump Manual, First Aid/P3K, dan Radio Rig.

CV. Anugerah Karya Mandiri adalah spesialis pengerjaan eksterior dan interior ambulance, servis, rental, maintenance dan jual-beli mobil ambulance. Beroperasi sejak 2004 silam, CV. Anugerah Karya Mandiri rutin mengerjakan eksterior dan interior ambulance dari rumah sakit di Indonesia, di antaranya: RS. Charitas Palembang, RS. Panti Rapih Yogjakarta, St. Carolus Jakarta, RS. Siloam Karawaci, RSPP, RS. Eka Hospital, RS Islam Jakarta, Medic One, Cevron, Mediros, RS. Agung Pasar Minggu, RS Mitra, dan masih banyak lagi.

“Pesanan pengerjaan eksterior dan interior mobil ambulance dari pihak rumah sakit pada prakteknya satu sama lain mempunyai kemiripan desain interior. Terpenting harus tersedia peralatan standar medis yang berada di dalam mobil ambulance. Seperti, lampu, stecher, oksigen, bangku perawat dan dokter dan gantungan infus,” ungkap Yakobus.

Asal cukup bujet, lanjutnya, konsumen pun bisa meminta desain eksterior dan interior khusus yang berbeda dengan mobil ambulance umumnya. Seperti halnya RS Siloam dan RS Pondok Indah yang meminta desain eksterior dan interior khusus sekaligus berbagai peralatan medis yang terbilang lengkap.

VW Caravlle, KIA Pregio, Daihatsu Luxio, Daihatsu Grand Max, Isuzu ELF, KIA Travello, Ford Ranger, Suzuki APV dan Isuzu NKR 55 adalah jenis minibus yang selalu dijadikan ambulance.

CV. Anugerah Karya Mandiri menawarkan 4 macam pilihan interior ambulance yang terbagi dalam Super Deluxe, Deluxe, dan Standard. Bicara biayanya, untuk VW Rp 60 juta, KIA Rp 50 juta, APV Rp 35 juta, dan ambulance biasa 20 juta.

“Untuk kenyamanan maksimal dalam transportasi darurat atau emergency transport, KIA Pregio Ambulance dapat menjawab semua ekspektasi ini. Pregio Ambulance banyak digunakan oleh rumah sakit besar begengsi, perusahaan-perusahaan besar, dan Departemen Kesehatan. Pregio Sangat nyaman karena menggunakan body monocoque tanpa chasis (CBU) dan dilengkapi dengan per keong pada keempat rodanya,” ungkapnya.

Begitupun dengan spesifikasi Ambulance APV type deluxe, seperti ambulance-ambulance type deluxe yang lain. Mobil Ambulance Suzuki APV banyak digunakan oleh klinik-klinik kesehatan, Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA), yayasan-yayasan, dan beberapa perusahaan menengah. Karena pertimbangan harga terjangkau mulai dari Rp 35 juta, maka Suzuki APV Ambulance menjadi alternatif ambulance yang sangat terjangkau.