Kamis

RSKB Tzu Chi Cengkareng

Seminar Pencegahan Dini Kanker Leher Rahim

RSKB Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng menyelenggarakan Seminar Awam Pencegahan Dini Kanker Leher Rahim, Minggu lalu (3/10) dengan pembicara: dr. Johanes B.,Sp.OG, dr.Ong Tjandra, Sp.OG dan dr.Ferdhy., Sp.OG.

Menurut dr. Johanes B.,Sp.OG, kanker serviks adalah tumbuhnya sel-sel tidak normal pada serviks (leher rahim), disebabkan oleh Virus Human Papilloma (HPV) yang bersifat onkogenik (penyebab kanker). Penularannya melalui hubungan seksual, namun penularan juga dapat terjadi meski tidak melalui hubungan seksual.

Ia melanjutkan, kebanyakan infeksi awal HPV dan kanker serviks stadium dini berlangsung tanpa menimbulkan gejala sedikit pun, sehingga penderita masih dapat menjalani kegiatan sehari-hari. Bila kanker sudah mengalami stadium lanjut, maka gejala-gejala yang timbul antara lain: pendarahan setelah senggama, pendarahan spontan yang terjadi antara periode menstruasi rutin, menstruasi yang lebih lama dan lebih banyak dari biasanya, pendarahan setelah manopause, dan nyeri panggul.

Senada dengan Johanes, dr.Ong Tjandra, Sp.OG mengatakan, sebaiknya lakukan pencegahan primer dengan vaksinasi untuk mencegah terjadinya infeksi HPV tipe 16 dan 18 penyebab utama kanker serviks. Vaksinasi dan deteksi dini bersama-sama dapat mengurangi terjadinya kanker serviks secara efektif.

Pada kesempatan ini, Direktur RSKB Tzu Chi memberikan piagam penghargaan sebagai ungkapan terimakasih kepada ketiga pembicara di akhir acara.