Kamis

Nurture Spring Kindergarten

Memfasilitasi Perkembangan Anak Secara Holistik

Menurut para ahli psikologi, perkembangan anak usia dini (0-6 tahun) adalah “the golden age” atau masa emas dalam tahap perkembangan hidup manusia. Mereka mengalami proses perkembangan fundamental yang memberikan perkembangan membekas dan berjangka lama sehingga melandasi proses perkembangan anak selanjutnya.

Dikatakan sebagai masa emas, karena pada masa ini tidak kurang dari 100 miliar sel otak siap untuk distimulasi agar kecerdasan seseorang dapat berkembang secara optimal di kemudian hari.

Dalam banyak penelitian menunjukkankecerdasan anak usia 0-4 tahun akan terbangun 50 persen dari total kecerdasan yang akan dicapai pada usia 18 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa usia 4 tahun pertama adalah masa-masa paling menentukan dalam membangun kecerdasan anak dibandingkan masa-masa sesudahnya.

Oleh karena itu, cara terbaik untuk membangun pondasi kuat pada anak-anak adalah menyekolahkannya di prasekolah. Pendidikan yang diberikan dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani juga rohani mereka di luar lingkungan keluarga sebelum memasuki pendidikan dasar, yang diselenggarakan di jalur pendidikan sekolah atau di jalur pendidikan luar sekolah.

Nurture Spring Kindergarten adalah preschool yang mengerti bagaimana memfasilitasi perkembangan potensi anak dalam masa “ the golden age”. Kurikulumnya dirancang secara holistik sehingga mengembangkan seluruh aspek anak.Area aspek anak yang dikembangkan disebut dengan sebutan I CLAP yaitu Intelligence, Character, Life Skill, Aesthetics dan Physical.

Area Intelligence dibangun dengan mengekspose anak dengan 3 bahasa (English language, Chinese Language dan Indonesian Language) mengekplorasi konsep matematika dan melakukan eksperimen sains untuk menjawab rasa ingin tahu anak. Dengan membicarakan dan melihat contoh teladan dari guru serta mempraktekkan nilai-nilai positif dalam kehidupan sehari-hari seperti responsibility, gratefulness, generousity, patience area Character anak dikembangkan.

Di Nurture Spring Kindergarten anak juga diberikan ruang untuk mempraktekkan Life Skill seperti bagaimana berinteraksi dengan sesama, melatih anak untuk melakukan kegiatan sehari-hari seperti makan, memakai baju dan sepatu , mencuci peralatan makan dengan sendiri sehingga anak menjadi pribadi yang mandiri yang mampu berperan di lingkungan sosial.

Aspek Aesthetics dalam diri anak juga dibangun dengan melakukan kegiatan yang mengekspresikan kreatifitas anak seperti music & creative movement serta Art& Craft. Aspek Physical yang meliputi gerakan motor kasar (berlari, melompat, keseimbangan tubuh) dan motor halus (menggunting, menulis) juga dikembangkan.
Gerakan motor kasar difasilitasi dengan program dan tempat bermain Cheeky Charlie Play House yang sangat disukai anak-anak. Aspek Pysical ini sangat mendukung perkembangan aspek-aspek yang telah disebutkan sebelumnya.

“Aspek I CLAP setiap anak kami kembangkan dengan metode active learning yang menyenangkan. Laporan evaluasi perkembangan aspek I CLAP setiap anak diberikan ke orangtua setiap minggunya. Jadi kami memberikan lebih dari sekedar pengenalan angka dan membaca kepada anak dalam masa golden age ini. Kami memfasilitasi tumbuh kembang anak secara holistik,” penuturan Konsultan Pendidikan Nurture Spring Kindergarten, Miss Juliana Hidayat.

Nurture Spring Kindergarten
Taman Palem Lestari Blok.A10 No.1
Jakarta Barat 11730
Phone: 55963808, 92777923