Kamis

Komunitas GSPPV

Memasyarakatkan Olahraga

“Mensana in Corporesano” di dalam tubuh sehat terdapat jiwa kuat. Pepatah kuno ini selalu mengingatkan kita akan manfaat berolahraga.

Olahraga sedikitnya 30 menit setiap hari membuat mental menjadi lebih sehat, pikiran jernih, stres berkurang dan memicu timbulnya perasaan bahagia. Bahwa olahraga membuat peredaran darah menjadi lancar, membakar lemak dan kalori, serta mengurangi risiko darah tinggi dan obesitas. Sesibuk apapun, berolahraga rutin adalah kegiatan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

“Olahraga apapun yang kita lakukan pada intinya ada pergerakan tubuh berulang-ulang sehingga berkeringat. Jalan kaki saja itu sudah termasuk olahraga. Tak perlu lama untuk melakukannya, berhenti saja jika dirasa sudah cukup,” kata Ketua Grup Senam Pagi Pluit Village, Sufida yang dikenal sebagai perintis senam di Mega Mall Barat dan Mega Mall Timur.

Seperti dilakukan warga Pluit dan sekitarnya yang terhimpun dalam Grup Senam Pagi Pluit Village (GSPPV). GSPPV dirintis Sufida bersama teman-temannya sejak 12 tahun silam ini mempunyai misi sosial dan kesehatan, yaitu “memasyarakatkan olah raga dan mengolah ragakan masyarakat”.

“Berolahragalah demi kesehatan Anda, berolahragalah demi ketentraman hati Anda, berolahragalah demi kebahagiaan keluarga, berolahragalah demi kemakmuran negara dan berolahragalah demi kesuksesan kita bersama. Dengan berolahraga, akan tercipta badan yang sehat dan insan yang sehat, pasti bangsa juga sehat,” terangnya.

Tiga Kali Ganti Nama
Menilik dari sejarah, GSPPV awal berdiri memakai nama Perkumpulan Senam Tera Indonesia (PSTI) resmi dibentuk di parkiran bagian barat pusat perbelanjaan Mega Mall Pluit, Jakarta Utara. Seiring waktu berjalan PSTI berganti nama menjadi Perkumpulan Senam Pagi Mega Mall Barat (SPMMB) karena ada beberapa macam senam diberikan.

“Tujuan pengantian nama adalah untuk keleluasaan saja. dengan demikian senam yang bisa dikembangkan bisa beragam. Ada beberapa jenis senam yang diberikan yaitu, Waitankung, Senam Pernafasan, Taichi, Disko, Tarian, dan Life Dance. Semua senam diperagakan oleh ahlinya,” katanya.

Namun, SPMMB sejak usia ke-8 hingga sekarang memakai nama GSPPV—karena perubahan nama mall—dari Mega Mall Pluit menjadi Pluit Village. “Jadi, keberadaan grup senam yang kami rintis ini sudah berusia 12 tahun sejak 15 Agustus 2010,” jelas wanita penyuka Kwetiauw ini.

Setiap pagi mulai pukul 5.30 hingga selesai grup senam ini melakukan kegiatan senam pagi di pelataran parkir Pluit Village. Tercatat 150 orang anggota GSPPV aktif. Bagi yang ingin bergabung datang saja ke pelataran parkir Pluit Village setiap pagi.

Sufida selalu mengingatkan kepada seluruh anggota GSPPV agar giat dan aktif mengolahragakan masyarakat dan memasyarkatkan olahraga. Dengan berolahraga akan tercipta badan yang sehat dan insan yan sehat. Kalau masyarakat sehat, pasti bangsa juga sehat.