Sabtu

Liputan Properti Interior & Eksterior

Mampu Menyulap, Bikin Properti Menawan

Dalam konsep building interior design, sangat penting menjadikan sebuah rumah indah, nyaman, dan dapat mengekspresikan jiwa pemiliknya. Setiap pemilihan warna, bahan, bentuk dan peletakannya harus direncanakan dengan baik, sehingga setiap penghuni rumah akan merasakan nyaman.

Mendesain interior memang tidak sama dengan mengatur peletakan furnitur di ruangan. Solusi terbaik dan tepat dari semua itu adalah dengan memercayakan pengerjaan desain interior kepada penyedia jasa desain interior.

Mereka mampu “menyulap” setiap interior ruangan yang tadinya biasa-biasa saja tidak menarik dilihat menjadi sebaliknya enak dilihat. Itulah keahlian mereka. Kreasi yang tercipta seperti “magic touch” yang tidak terpikirkan si pemilik rumah sebelumnya.

Dalam teori desain, kata Gilbert Tanny dari Three Diamonds, dikenal prinsip form follow function, yaitu bentuk desain mengikuti fungsi. Selain memenuhi fungsi, ada tiga aspek desain yang harus dipenuhi jika suatu produk desain ingin dianggap berhasil, yaitu produk desain harus memiliki aspek keamanan (safety), kenyamanan (ergonomi) dan keindahan (estetika).

“Syarat interior itu harus nyaman dan menambah nilai estetika dari sebuah bangunan. Dengan begitu, fungsinya akan benar-benar optimal. Fungsi berjalan baik dan kenyamanan akan didapat,” kata Pimpinan Graha Adhistama, Denny Santoso.

Menurut Denny, agar kenyamanan tercipta bagi seluruh penghuninya, terdapat beberapa hal penting harus diperhatikan dalam membuat interior rumah. Salah satunya ialah menentukan skala dan besaran furnitur yang akan memengaruhi tatanan interior rumah Anda. Ini diperlukan untuk menjaga keseimbangan antar ruang.

Seperti halnya menata ruangan rumah mungil dan sempit, tidaklah semudah yang diduga. Dengan keterbatasan ruang, rumah harus mampu menampung segala keperluan penghuninya. Di samping itu, rumah juga harus nyaman ditempati dan enak dipandang.

“Untuk menata rumah mungil, ada beberapa prinsip yang perlu diterapkan seperti, pengelolaan ruang secara efektif dan efisien, pencahayaan dan sirkulasi udara yang tepat, dan pemilihan corak serta warna interior yang cermat,” kata Pimpinan Indoterior, Eddy.

Tak jauh berbeda dengan pendapat Eddy, Robby pemilik Berkat Interior mengatakan, keindahan interior rumah didukung juga oleh produk-produk interior, berupa perabotan, aksesoris, pernak-pernik, dll.

“Produk interior dianggap baik dan bagus apabila telah memenuhi beberapa alasan seperti, telah memenuhi fungsinya dengan baik, harga murah-ekonomis-efesien dan tahan lama, tampak indah- secara estetis menyenangkan, dan dapat menimbulkan kembali perasaan serta ingatan akan suatu waktu dan tempat- yang membawa arti,” jelasnya.

Hal ini, sambungnya , akan berdampak pada keseimbangan, karena aksesori dalam jumlah ganjil akan lebih enak dipandang dibandingkan dengan jumlah genap. Selain itu, letakkanlah gambar atau lukisan setinggi Anda memandang, dengan demikian lukisan atau gambar tersebut akan lebih enak untuk dinikmati.

Namun pada prakteknya, semua kembali kepada selera masing-masing si pemilik rumah. Semisal, ada si pemilik rumah merasa nyaman jika interior rumahnya dilengkapi dengan perabotan unik. Sebab perabotan-perabotan yang unik bisa membuat pemilik rumah merasa nyaman dan makin betah tinggal di kediamannya.

Luar Rumah
Keindahan interior dan eksterior rumah bisa juga difokuskan pada beberapa bagian dalam dan luar rumah seperti pada railing tangga, balkon, pintu gerbang dan pagar, tralis yang bermaterikan bahan besi tempa.

Sebut saja produk besi tempa yang diusung Ferrum Design dengan gaya modern klasiknya. Menurut pemilik Ferrum Design, Suhardjo S.Dipl.Ing, gaya modern klasik memiliki motif –ornamen yang unik dan mampu bertahan lama dan tidak mengenal jaman.
Ornamen pada besi tempa produk Ferrum Design selalu dikombinasikan dengan ornamen indah seperti ornamen berbentuk daun, bunga atau apa saja tergantung keinginan konsumen. Ornamen tersebut terbuat dari bahan plat alumunium. Karena dengan alasan mudah dibentuk dan tidak berkarat. Sentuhan ornamen di semua barang tersebut adalah salah satu kelebihan Ferrum Design bila dibanding dengan usaha sejenis.


Sedikit tips dari Suhardjo mengenai building design, semisal dalam hal pemilihan warna. Pilihlah warna-warna yang sesuai dengan selera penghuni rumah. Tujuannya agar dapat meningkatkan kreatifitas bekerja untuk esok hari. Sebagai contoh warna cat dinding yang cerah untuk building design seperti putih, hijau pupus atau krem, akan merefleksikan cahaya dengan lebih baik, sehingga efek yang dihasilkan dari pencahayaan lebih maksimal.

Lain hal apabila si pemilik rumah ingin memberi kesan ruangan dalam rumah terasa lebih luas, sebaiknya gunakanlah cermin. Cermin berukuran besar dapat merefleksikan cahaya ke seluruh ruangan.

Melalui cermin, cahaya alami dan cahaya buatan dapat terefleksi untuk membuat ruangan lebih terang, baik di siang maupun malam hari. Akan lebih efektif bila cermin diletakkan dekat jendela, sehingga view di ruangan tertangkap.


Gaya Minimalis
Sesuai dengan perkembangan jaman, dalam bidang desain interior atau eksterior, pun mengalami perubahan trend sesuai dengan selera masyarakat. Saat ini, desain bergaya minimalis lebih banyak diminati, meski gaya lain seperti modern, mediterania, klasik, dan lainnya, tetap ada penggemarnya.

Pengamatan owner Son & Pson Joan Satrio, desain rumah akhir-akhir ini mengalami perkembangan yang sangat cepat. Kami biasa mendapati berbagai jenis desain rumah yang berkembang di masyarakat dewasa ini, antara lain desain rumah minimalis, modern, mediterania, klasik dan sebagainya. Hal ini merupakan keharusan sesuai perkembangan jaman, kita semakin menyadari bahwa peran desain dan arsitek sangat berpengaruh bagi keindahan desain rumah kita.

“Desain rumah bergaya minimalis, misalnya perkembangannya sangat pesat akhir-akhir ini. Kami Son & Pson mendapati banyak orang menghendaki menggunakan gaya minimalis untuk mengikuti mode. Biasanya kalangan yang tertarik untuk menggunakan gaya minimalis adalah dari mereka yang masih berjiwa muda. Para eksekutif muda menyukai gaya minimalis, karena gaya yang ini dipandang praktis dan dapat mewakili gaya hidup modern mereka,” paparnya.

Gaya minimalis yang Son & Pson usung dipadu padankan dengan gaya futuristik maka terciptalah minimalis-futuristik. Aplikasinya ada dalam permainan warna, motif dan pengkombinasian material-material baru bertema futuristik, tidak ketinggalam jaman, seperti: penggunaan cermin dan grade-grade stenlis. Alhasil menjadikan minimalis-modern lebih dinamis.

Berikut ini tujuh penyedia jasa desain interior yang berlokasi di Cengkareng, Pluit, Pantai Indah Kapuk dan sekitarnya yang mungkin bisa menjadi referensi bagi para pembaca. Mereka adalah Ferrum Design, Indoterior, Graha Adhistama, Son & Pson, PT.Citra Griya Mandiri Utama, Berkat Interior dan Three Diamonds.