Selasa

Macet, Jalan Rusak Akibat Galian Pipa

Perbaikan sarana umum terkadang mengakibatkan tersendatnya arus lalu lintas. Hal inilah yang dirasakan sebagian masyarakat Kapuk yang melintas Jalan Tanggul Raya. Belakangan, mereka terganggu akibat galian pipa PAM.

Selama kurang lebih 2 bulan lamanya, warga Kapuk harus terganggu akibat penyempitan jalur, terutama di sepanjang Jalan Tanggul Raya. Galian pipa PAM memakan separuh badan jalan sehingga arus lalu lintas harus berjalan bergantian.
Hal tersebut mengakibatkan kemacetan yang berujung pada terganggunya aktivitas masyarakat sehari-hari atau yang hendak berangkat kerja.
Menurut salah seorang penumpang angkutan kota, Dewi yang ditemui Adinfo, Sabtu (5/7), mengharapkan proses penanaman pipa PAM tersebut dapat diselesaikan sesegera mungkin.
”Saya sering terjebak macet di jalan ini. Hingga tidak jarang saya harus telat masuk kerja selama dua bulan belakangan ini,” ujarnya.
Hal yang sama juga diungkapkan salah seorang supir angkutan umum, Black. Dia mengatakan, kalau memang jalan ini digali untuk menanam pipa PAM, tolong cepat diselesaikan. Jujur saja, akibat galian tersebut, pendapatan saya berkurang karena jalan sering macet.
“Akibat macet, saya jadi sering motong jalur dengan melewati kawasan Perumahan Cengkareng Indah. Padahal di sana, warga dan tukang ojek banyak yang ngelarang, tapi saya dan teman-teman supir angkot tetap lewat jalan tersebut. Abis kalo ngga begitu, penghasilan saya berkurang,” tambahnya.
Lebih lanjut Black juga mengatakan, kalo bisa sih, cepat diselesaikan biar kita tidak harus gontok-gontokan dengan tukang ojek lagi. Kalo begitu kan, tidak ada pihak yang merasa dirugikan dan kami juga enak nariknya.
Sementara itu, salah seorang pengendara motor, Janer mengatakan, sejak adanya penggalian pipa PAM tersebut, kemacetan memang sering terjadi. Bahkan tidak jarang masyarakat yang berkendaraan harus bersitegang karena berebut jalan.
“Mereka semua sama-sama ingin cepat jalan. Akhirnya pada ribut,” tegasnya.
Sampai dengan awal Juli lalu, penggalian pipa PAM masih terus berlangsung dari Jembatan Komplek Ambon hingga menjelang Jembatan Gantung. Di sepanjang jalan tersebut, terdapat beberapa titik yang menyebabkan kemacetan arus lalu lintas.
Sedangkan sampai berita ini diturunkan, Adinfo belum mendapat keterangan resmi dari pihak kontraktor selaku pelaksana proyek tersebut atau dari pihak PAM selaku institusi yang mengadakan penggalian tersebut.