Kamis

HS(Hendra Sukma)

Cuci Motor Mobil 24 Jam

Usaha cuci motor dan mobil memang nggak ada matinya. Hal ini bisa dilihat ketika musim penghujan datang. Bisnis cuci mobil terlihat ramai dan padat dikunjungi para pelanggannya. Pelanggan yang dimaksud bisa mobil pribadi, taxi, atau pun angkot (angkutan kota).


Namun jika kita telusuri, masih jarang usaha mobil yang menerima ketiga jenis kendaraan tersebut. Kebanyakan, tempat cuci mobil yang ada adalah spesialis khusus kendaraan pribadi saja.

Beda dengan HS (Hendra Sukma) cuci mobil yang menempati lokasi di Jalan Raya Kedoya ini. HS yang sudah beroprasi sejak satu tahun lalu ini sangat ramai pengunjungnya. Bukan hanya mobil pribadi saja, tapi ada juga motor, angkot, dan taxi yang dicuci di tempat ini. Pemandangan ini terlihat hampir setiap waktu karena HS buka selama 24 jam.

Menurut pemiliknya, Hendra, tempat kami berbeda karena jam operasinya selama 24 jam. “Pagi sampai siang kebanyakan mobil pribadi yang datang ke tempat ini. Namun jika malam hari, lebih dominan angkot. Supir-supir banyak yang mencuci mobilnya sebelum masuk ke pol,” ujarnya.

Di tempat ini tidak ada paket-paket seperti di tempat cuci mobil lainnya. Mobil hanya dibersihkan, di cuci, dan dikeringkan dengan harga serupa. Seperti cuci mobil pribadi yang meliputi shampoo, vacuum, dan pewangi ruangan dengan biaya Rp 14.000. Sedangkan pencucian taxi Rp12.000, angkot Rp10.000, dan motor Rp7000.

Selain harga murah dan hasilnya yang bersih, karyawan HS yang berjumlah 10 orang ini juga mempunyai sifat yang ramah. Mereka bekerja tanpa sistem rolling. “Semua itu mereka yang mengaturnya. Yang terpenting bagi saya, mereka harus siap ketika ada kendaraan yang masuk. Namun untuk sopan santun kepada konsumen, saya selalu menekankannya kepada semua karyawan yang bekerja di tempat ini,” ucap Hendra.