Jumat

Cara Menghilangkan Flek atau Jamur

Merawat mobil agar terlihat mengkilap bukan hanya dengan mencucinya. Tapi, kita pun perlu memoles bodi dan kaca serta interior mobil.

Cuaca yang sering kali tidak bersahabat, turut menjadi penyebab kusamnya mobil-mobil di jalan. Guyuran hujan atau terik matahari sering kali membuat cat mobil tidak berumur panjang.
Sekarang ini memang banyak salon-salon mobil di komunitas kita. Masing-masing menawarkan harga yang menarik dengan kualitas terjamin. Namun, bagi Anda yang lebih memilih untuk merawat mobil secara mandiri, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memoles mobil Anda :

1. Bila setiap harinya mobil Anda sering dibiarkan terkena guyuran hujan dan terpaan sinar matahari, mulailah memeriksa permukaan kaca atau bodi apakah sudah ditumbuhi jamur atau flek. Hujan dan sinar matahari sering kali membuat keduanya tumbuh subur.
2. Bila mobil Anda sudah ditumbuhi jamur, sepertinya harus ada perawatan khusus. Tapi, kalau hanya flek, Anda bisa membersihkannya sendiri, tidak perlu pergi ke jasa salon mobil.
3. Langkah pertama untuk menghilangkan flek tentunya adalah dengan mencuci mobil. Gunakan semprotan air bertekanan yang bisa diatur.
4. Setelah bersih dicuci, belilah pengilap mobil yang tidak menggerus cat. Sejumlah bahan pengkilap mobil, mulai yang cair hingga kental, pada dasarnya ditujukan untuk kembali mengeluarkan kemilau cat.
5. Oleskan bahan tersebut hingga merata, lalo gosoklah dengan kain bersih berbahan kaos. Ulangi bila merasa flek belum hilang atau masih kurang berkilau.
6. Lakukan kegiatan ini di tempat yang teduh. Setelah mobil rata dipoles, jemur mobil di tempat terbuka selama kurang lebih 1 jam. Lakukan kegiatan ini satu minggu ke depan bila hasilnya kurang memuaskan.


Menghilangkan Jamur

Jamur pada bodi atau kaca mobil ternyata lebih sulit dihilangkan dari sekedar flek. Diperlukan dua bahan untuk menghilangkannya, penghilang jamur dan pengkilap. Rumitnya lagi, ternyata jamur di kaca mobil buatan Eropa dan Amerika lebih sulit dihilangkan, dari pada mobil buatan Jepang karena perbedaan karakter kaca.
Cara membersihkannya dengan mengoleskan cairan penghilang jamur dan mengeringkannya. Kemudian diteruskan dengan bahan pengkilap. Jangan lupa untuk melakukannya sesuai petunjuk.
Bila jamur pada mobil Anda sudah parah, bisa juga menggosoknya dengan mesin khusus. Tapi, kita harus memiliki pengalaman tertentu agar cat mobil Anda tidak tergores.
Untuk amannya, bila jamur sudah merajalela di mobil Anda, pergilah ke salon mobil yang biasanya sudah memiliki pengalaman tersendiri untuk berbagai jenis mobil dan jamur. Apalagi untuk mobil keluaran Eropa dan Amerika.


ODYpresidenku.com mengatakan...

saya lbih menyoroti cara menghilangkan jamur body,karna sampai sekarang sya belum menemukan chemicalnya?ada recomend g brand yg cocok?trus apa si perbedaan kaca mobil jepang sama eropa???