Rabu

Pelelangan Muara Angke

Berburu ikan segar tak harus dipasar tradisional, tapi bisa juga dilakukan ditempat pelelangan ikan. Selain jauh lebih murah dalam segi harga, jenis ikan yang ditawarkanpun jauh lebih beragam. Seperti ikan bawal, kepiting besar, lobster, dan juga ikan ikan teri.

Jika ingin mengunjunginya, bisa langsung datang ke Muara Angke, tepatnya di Jalan Dermaga Muara Angke. Tak ada syarat khusus untuk masuk ke kawasan ini, cukup dengan uang Rp1000 untuk pengendara motor dan Rp2000 untuk pengendara mobil sebagai biaya parkir.
Kebijakan ini tak terlalu merepotkan jika dibanding dengan keuntungan yang didapat yaitu bisa membeli ikan segar dengan harga di bawah pasar tradisional hingga 20-30%. Tak hanya itu, beragam jenis ikan yang ditawarkan oleh 100 lebih pedagang bisa menjadi pilihan yang menyenangkan.
Mereka bersandar di gedung tua berukuran 1500 m2, ada juga yang asik memajang dagangannya di pinggir jalan dengan beralaskan tenda-tenda berukuran kecil. Rata-rata dari mereka adalah orang lama yang telah berjualan selama puluhan tahun.
Tak perlu bingung untuk menentukan pilihan, karena biasanya harga yang ditawarkan para pedangan ikan tak jauh berbeda, baik yang berada di dalam gedung maupun di tenda-tenda kecil. Yang terpenting adalah Anda harus pintar-pintar menawar dan juga memperhatikan timbangan.
Karena konon katanya, timbangan para pedangan ikan tidak real takerannya. So, Anda harus pintar menawar agar tidak terlalu merugi.

Buka 24 Jam
Pelelangan ikan Muara Angke adalah salah satu pelelangan dengan jumlah penjual terbanyak di Jakarta. Mereka datang dari berbagai penjuru ditanah air, seperti Jakarta, Jawa, Padang, dan juga Medan.
Masing-masing dari mereka mempunyai jam operasi yang beragam, ada yang dari 10.00-23.00 dan sebaliknya. Karena itulah, kawasan ini tidak pernah terlihat sepi dan mati, meskipun order ikan dari beberapa daerah terhambat, lantaran cuaca yang tak bersahabat.
Selain dipadati pedagang dari berbagai daerah, Pelelangan Muara Angke juga dikunjungi pembeli dari berbagai tempat di Jawa Barat. Seperi Bekasi, Tangerang, Bogor, dan juga Bandung.

Ada Rumah Makan Lesehan
Selain berfungsi untuk jual beli ikan, pelelangan Muara Angke juga bisa digunakan untuk wisata kuliner. Hal ini terbukti dengan keberadaan rumah makan yang berada persis di depan pelelangan ikan. Setidaknya ada 20 rumah makan yang siap hantarkan kenikmatan.
Secara keseluruhan, konsep rumah makan yang ada bergaya lesehan, ancaman bambu sengaja dihadirkan pada interior dan eksterior rumah makan di sana, guna memberi kesan natural yang kental. Suasananya agak sedikit ramai, mengingat banyak karyawan rumah makan yang mencoba merayu pengunjung untuk mampir sejenak di tempatnya.
Ehm’sebuah pemandangan yang menarik, layaknya di sebuah penginapan. Jika ingin merasakan gairahnya, coba singgah ke tempat ini mulai pukul 08.00-02.00.
Untuk menu pastinya didominasi dengan ikan, seperti bawal asem manis, cumi goreng tepung, udang goreng, kerang rebus dan lain-lain. Ada juga menu berbahan sayuran seperti tumis kangkung, lalapan, keredok, dan juga gado-gado.
Adapun harga yang ditawarkan cukup beragam yaitu mulai dari Rp2000-50.000. Harga ini akan jauh lebih murah, jika bahan makanan yang digunakan datang dari pengunjung. Biasanya orang yang selalu datang ke tempat ini, menyempatkan diri untuk berburu ikan, lalu dimasak di rumah makan pelelangan.
Cara ini dianggap tepat, karena jauh lebih murah dan seru. Apalagi jika dilakukan bersama teman dan juga keluarga. Cobalah, jika tak percaya?
Ups, sebelum berburu ikan, ada baiknya dengar dahulu tips berikut ini tentang bagaimana memilih ikan yang fres dan sehat. Pertama, pilihlah ikan yang memiliki tumbuh kencang. Kedua, jangan lupa memilih ikan dengan warna kulit yang segar. Ketiga, perhatikan insan ikan yang Anda pilih, jika berwarna merah berarti ikan itu fres dan bangus. Terakhir, pastikan untuk memilih ikan yang bermata bening.