Selasa

Kenali Biaya Unit Link Anda !

Produk unit link sebagai bentuk gabungan antara asuransi dan investasi memiliki karakteristik yang berbeda dibanding produk asuransi tradisional. Untuk itu, sebelum Anda berniat membeli polis unit link, cermatilah penawaran yang Anda dapatkan dari marketer unit link yang Anda hadapi. Salah satu komponen penting yang perlu diteliti adalah biaya-biaya polis unit link.

Produk asuransi jiwa tradisional biasanya menyertakan biaya pengelolaan dari premi yang Anda setorkan. Besarnya tergantung pada masing-masing perusahaan asuransi yang umumnya berkisar 20 s.d 40% dari premi tahun pertama. Selain komponen ini biasanya tidak ada lagi biaya pengelolaan yang harus Anda bayar. Namun dalam produk unit link terdapat sejumlah biaya yang muncul selain biaya pengelolaan atau biaya akuisisi di tahun pertama. Biaya-biaya diluar biaya pengelolaan tersebut antara lain :

1. Biaya pengelolaan investasi, misalkan ditetapkan sebesar 2% per tahun.
2. Biaya Top Up yang ditetapkan besarnya sebesar prosentase tertentu dari premi Top Up, misalnya 3%.
3. Biaya penarikan dana investasi yang dibebankan setiap nasabah melakukan penarikan dana. Bisa ditetapkan berdasarkan prosentase tertentu atau tarif flat.
4. Biaya pengalihan jenis investasi, diberlakukan apabila Anda ingin mengubah jenis instrumen investasi yang ditawarkan. Penetapannya sama dengan no.3 di atas.
5. Biaya lain-lain, adalah biaya yang berada diluar ketetapan perusahaan asuransi terutama terkait dengan transaksi dana investasi nasabah.

Setelah Anda mengenal semua biaya-biaya yang harus Anda tanggung maka Anda dapat memutuskan apakah Anda akan membeli produk unit link atau membeli instrumen investasi secara terpisah dari proteksi asuransi.
Pengambilan keputusan akhir tentu saja tidak hanya bertumpu pada hitung-hitungan biaya seperti di atas, namun juga dari aspek lain. Anda bisa saja membeli produk asuransi tradisional tanpa unsur investasi guna mendapatkan nilai proteksi yang tinggi dan membeli produk investasi secara terpisah agar tercapai return yang maksimal serta penempatan dana yang fleksibel.
Namun pada intinya, jika Anda belum terbiasa menghadapi risiko berinvestasi dimana kinerjanya bisa naik dan bisa turun maka disarankan untuk menunda pembelian asuransi unit link Anda.
Jenis produk ini lebih cocok diperuntukkan bagi mereka yang secara finansial cukup siap menghadapi risiko investasi. Dan perlu diingat bahwa dalam setiap penawaran atau polis unit link selalu tercantum pasal yang menyatakan bahwa setiap risiko investasi akan ditanggung sepenuhnya oleh nasabah karena perusahaan asuransi tidak akan pernah menjamin kinerja investasi yang sebenarnya. (pojokasuransi.com)