Sabtu

Ketika Affair Muncul Kepermukaan


Janji setia sehidup semati yang diikrarkan dalam sebuah pernikahan, ternyata tak selamanya benar. Karena banyak juga pasangan yang akhirnya pisah, lantaran perbedaan atau karena ada Affair dengan orang lain.

Jika perpisahan terjadi karena perbedaan yang tak bisa disatukan, mungkin bisa diterima. Namun, jika kesetiaan harus dikorbankan karena adanya affair (ketertarikan) dengan orang lain, jelas sangat menyakitkan, siapapun orangnya.

Bisa dibayangkan jika ini terjadi dalam hidup Anda, dunia serasa di neraka. Untuk terhindar dari hal menakutkan ini, memang gampang-gampang susah. Lantaran affair itu sifatnya alami, yang timbul kapan dan pada siapa saja. Terlebih bagi mereka yang tak puas pada pasangannya.

Pelaku affair terbilang beragam dan tak kenal usia, berlaku untuk tua-muda, pria maupun wanita. Sedang penyebabnya terjadi karena 2 faktor, internal dan eksternal. Yang termasuk dalam faktor internal adalah rasa ingin tahu, bosan, kebutuhan untuk membuktikan diri, ingin mendapatkan sesuatu yang lain, atau jatuh cinta pada orang lain.

Faktor internal juga bisa disebabkan karena kekaguman terhadap orang yang memiliki 'power', kebutuhan akan tantangan, mendapatkan kelegaan karena disakiti atau dendam kepada pasangannya dan sebagainya.

Faktor kedua adalah pengaruh eksternal. Peluang affair akan semakin terbuka, bila ada kesempatan untuk saling tertarik. Biasanya orang itu sering mendatangi tempat-tempat hiburan yang memungkinkan pertemuan dengan orang-orang baru secara bebas, memiliki kelompok teman yang berpengalaman berselingkuh, dan nilai-nilai moral seksual yang cenderung bebas, serta sering bepergian meninggalkan pasangannya dalam waktu yang relatif lama.

Banyaknya tayangan media film, soap opera, novel, dan sebagainya mengenai perselingkuhan juga dapat membuat orang menjadi 'terbiasa' atau membangkitkan rasa ingin tahu untuk mengalaminya. Alasan orang untuk melakukan affair, biasanya bukan karena satu alasan, melainkan lebih dari satu alasan.

Keluar dari affair
Hanya satu kata bagi mereka yang ingin keluar dari affair. Berusahalah memperbaiki hubungan dengan pasangan, dan bila perlu carilah pihak ketiga yang matang dan dewasa untuk menjadi penengah bila diperlukan. Fokuslah untuk mencari solusi dalam menghadapi tantangan, atau masalah-masalah yang ada. Akan menjadi rumit bila pelaku affair tetap menginginkan agar perselingkuhan berlanjut.

Selanjutnya adalah niat, jika ada gejala-gejala yang kurang baik kita harus menghindar dengan cepat dan berfikir akan keluarga. Tapi, pada saat menolak pun harus hati-hati karena bisa jadi pasangan selingkuh kita justru menjerumuskan diri kita. Selain itu, pasangan pun harus mendukung dan membantu untuk stay away from affair.

Dari segi intenal, perilaku iman dengan kegiatan yang dapat memperdalam ibadah perlu juga ditekankan. Pelajari dan kenali kebutuhan-kebutuhan psikologis diri sendiri, dan mengarahkannya dengan cara yang konstruktif. Mengetahui kekuatan dan kelemahan diri sendiri diperlukan untuk bisa mengenali dan menghindari situasi-situasi yang menggoda.

Bila membutuhkan teman bicara, sebaiknya tidak dengan lawan jenis. Bila senang tipe perempuan yang ceria dan mungil, misalnya, sebaiknya hindari situasi yang mungkin dapat mendekatkan dirinya dengan teman atau kenalan dengan profil seperti itu.

Berikut tips mencegah affair :
1.Terbuka. Kejujuran adalah kunci untuk menghindari affair. Saling terbukalah dengan pasangan dan selalu mendukung satu sama lain.
2.Kedekatan. Buat dan pelihara keintiman baik secara emosi dan seksual.
3.Smart. Jangan terjebak pada pernyataan bahwa manusia tidak luput dari godaan
4.Waspada. Ketika mulai tertarik pada seseorang, segera ambil jarak sebelum muncul perasaan lebih dalam.
5.Jaga sikap. Kalau Anda merasa mudah membuat orang tergoda, ingatlah bila tidak ingin terbakar, jangan main api.
6.Percaya. Kepercayaan dibentuk dengan bersikap setia kepada pihak lain. Hindari
hal-hal yang membuat kita terpaksa membohongi pasangan.
7.Setia. Kesetiaan adalah cara terbaik untuk memelihara dan meningkatkan kepercayaan dalam suatu perkawinan. Jika merasa tidak puas atau menginginkan pasangan seksual lain, telitilah dari mana datangnya keinginan ini.
8.Hindari kemungkinan dan kesempatan untuk bertemu pasangan selingkuh, atau pergi berduaan dengan lawan jenis yang bukan pasangan Anda.
9.Ganti nomer HP atau saluran kontak lainnya, bila perlu.(berbagai sumber)