Selasa

Prudential

Terbesar di Indonesia

Bila kita membicarakan unitlink, rasanya tidak lengkap bila tidak menyebut Prudential. Perusahaan asal Inggris ini terbilang pertama kali meluncurkan produk asuransi jiwa dan investasi di Indonesia pada tahun 1999.

Pada tahun 2006 lalu, Prudential berhasil meningkatkan kinerja keuangan dengan sangat baik. Prudential menutup tahun 2006 dengan total pendapatan premi yang mencapai Rp2,6 trilyun, atau meningkat sebesar 23% dibandingkan tahun 2005.

Sehingga tidak heran bila Prudential disebut-sebut sebagai perusahaan asuransi dengan total dana kelolaan terbesar dan terus bertambah sampai dengan sekarang.

Rasio Risk Based Capital (RBC) yang merupakan indikator dari kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban, termasuk dalam membayar klaim, mencapai 695% di tahun 2006. Rasio tersebut ternyata sudah melampaui ketentuan minimum Departemen Keuangan sebesar 120%.

Prudential memiliki 6 kantor pemasaran di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, dan Medan sampai dengan Desember 2006. Serta memiliki 97 kantor keagenan dengan dukungan lebih dari 33.000 jaringan tenaga pemasaran dan melayani lebih dari 290.000 nasabah.

Karena kinerjanya yang sangat baik, Prudential telah memperoleh berbagai penghargaan dari berbagai media masa seperti, Majalah Investor, Info Bank, SWA, dan Majalah Proteksi.

Saat ini, produk unitlink yang paling populer adalah PRUlink Assurance Account (PAA+), Prulink Investor Account (PIA) dan yang baru baru ini diluncurkan PAA Syariah dan PIA Syariah.

Nasabah bisa memilih atau mengkombinasikan penempatan dananya ke dalam Prulink Rupiah Equity Fund, Prulink Rupiah Managed Fund, Prulink Rupiah Fixed Income Fund, Prulink Rupiah Cash Fund, dan Prulink US Dollar Managed Fund.

Masing-masing fund memiliki karakteristik investasi yang beragam, sehingga nasabah bisa memilih tergantung dari profil mereka masing-masing. Misalnya, nasabah yang profilnya agresif atau risk taker, biasanya menempatkan dananya di Equity Fund. Untuk tahun 2006, hasil investasi Rupiah Equity Fund 57,80%.

Minimum premi yang harus dibayarkan nasabah dalam PAA Plus adalah Rp350 ribu dengan pilihan cara pembayaran 1, 3, 6 bulan, sampai 1 tahun. Alokasi premi antara proteksi dan investasi pun dapat diatur sejak tahun pertama dengan minimal nilai investasi Rp1 juta.