Senin

Komplek Perikanan THT Cengkareng

Penjual Ikan Hias Terbesar di Jakarta Barat
Komplek Perikanan THT Cengkareng merupakan salah satu tempat penjualan ikan hias di Jakarta Barat yang berada di bawah pemeliharaan Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Provinsi DKI Jakarta sejak 20 tahun lalu.

Tak perlu biaya untuk masuk ke dalam komplek perikanan ini, meski Anda tak berniat untuk beli satu ekor ikan hias sekali pun. Malah para penjual tak segan memberi izin pengunjung untuk melihat, menyentuh maupun memberi makan ikan-ikan yang sedang berenang di kolam.
Seru bukan? Apalagi jika ikan yang Anda lihat dan beri makan besar dan jinak-jinak. Mau coba? Datanglah ke komplek perikanan tersebut, lokasinya sangat mudah dicari karena berada di pinggir jalan tepatnya di Jalan Kamal Cengkareng.

Rata-rata penjual ikan di sini sudah berdagang belasan tahun. Meski datang dari kultur yang beragam, toh hubungan yang terjalin antar penjual ikan hias sangat harmonis. Tak jarang mereka suka tukar-tukaran ikan, jika sedang kehabisan stok.

Maklum, untuk nunggu barang (ikan baru) cukup lama, sekitar 7 harian. Itupun kalau ada stok dari peternak ikan hias di daerah seperti Cirebon, Sukabumi, Bogor, dan juga Jawa Timur yang selama ini jadi pemasok semua ikan di Cengkareng.

Jenis ikan yang di tawarkan cukup beragam mulai dari Ikan Koi, Mas, Arwana, Discus, dan juga Cupang. Sayangnya, kebanyakan penjual ikan di tempat ini hanya menjual ikan lokal dibanding impor. Alasannya karena harganya jauh lebih murah, berkisar dari seribu hingga puluhan ribu rupiah.

Jika ingin membeli ikan di sini, jangan lupa untuk menawar. Meski terbilang lebih murah dibanding tempat penjualan ikan lainnya, tidak ada salahnya jika Anda menawar. Dengan demikian, uang yang tersisa bisa untuk membeli keperluan lain seperti, umpan ikan atau akuarium baru yang juga bisa didapatkan di tempat ini.

Atau bagi yang suka gonta-ganti asesoris akuarium atau kolam ikan, di sini juga tersedia dengan harga variatif dari Rp1000 - 30.000, tergantung jenis dan ukuran asesoris yang dibeli.

Tempat Rekreasi yang Menyenangkan
Selain berfungsi sebagai tempat jual beli ikan hias, Komplek Perikanan Cengkareng juga berguna sebagai tempat rekreasi keluarga yang menyenangkan. Situasi ini terlihat saat AdInfo mendatanginya, terlihat beberapa orang tua dengan anak-anaknya tengah asik bermain ikan yang beraneka warna dan ukuran.

Menurut salah satu pengunjung, Dewi, dirinya beserta keluarga memang suka menghabiskan waktu liburan di sini. Selain menyenangkan, bermain dengan ikan bisa menghilangkan stres.

Hal senada juga dituturkan bocah berumur 6 tahun, Aldi. Berkat keramahan pemiliki toko yang membolehkannya memegang dan memberi ikan makan, maka ia tak pernah bosan datang dan datang lagi ke tempat ini. Menurutnya, terasa sangat menyenangkan.

Rasa penasaran ingin mencobanya adalah perasaan yang kami rasakan pada saat itu. Untunglah ada seorang penjual yang bersedia memberi kami ijin untuk bercanda-canda dengan Ikan Koi. Setidaknya pengalaman ini akan membekas di hati, karena ini kali pertama kami bercanda dengan Ikan Koi yang penuh pesona.

Pengalaman kami juga bisa Anda rasakan, jika datang ke tempat ini hari Senin - Minggu mulai pukul 07.00 - 17.00.

Terdapat Rumah Makan Lesehan
Jika sudah puas bermain dengan ikan, jangan lupa untuk manjakan perut Anda dan keluarga di rumah makan lesehan. Tempatnya sangat asri dan nyaman, karena terbuat dari anyaman bambu dan bergaya lesehan.

Lokasinya masih berada dalam satu komplek perikanan dengan menu ikan, ayam, dan sayuran. Rasa khas masakan Sunda sangat mendominasi menu yang ada di tempat ini.

Selain rumah makan, terdapat juga ruang untuk bersih-bersih, letakknya tak jauh dari rumah makan lesehan. Kamar mandi yang tersedia sangat bersih dan nyaman.

Tips Merawat Ikan Hias
Jika Anda menyukai ikan, sudah seharusnya tahu bagaimana cara merawatnya. Tujuan adalah agar ikan bisa berumur panjang. Berikut cara yang tepat merawat ikan menurut seorang penjual ikan hias, Indra :
1. Pemilihan Akuarium dan Kolam Ikan
Sebaiknya pembuatan rumah ikan dilihat dari jenis ikan yang dimiliki. Untuk Ikan Arwana, ada baiknya menggunakan akuarium sedangkan Koi bagusnya diletakkan di kolam.
2. Pompa
Jangan lupa untuk selalu membersihkan pompa selama 2 kali seminggu agar air tidak cepat kotor
3. Saringan
Begitu juga dengan saringan air, untuk menambah panjang umur ikan, ada baiknya dilakukan pembersihan setiap hari.
4. Kuras Air
Lakukan pengurasan air dengan cara diendapkan. Caranya, air yang lama setengah dibuang dan ditambah dengan air baru. Tujuannya agar ikan tidak kaget dan bisa menyesuaikan diri.
5. Pisahkan Ikan yang Sakit
Ada baiknya untuk memisahkan antara ikan yang sehat dan sakit. Ikan sakit bisa mempengaruhi kekuatan ikan yang lain. Untuk mengetahui ikan yang sakit, biasanya mereka lebih senang berkumpul dan terlihat lemas.